Home > Pengalaman > Bertopengkah dirimu selama ini?

Bertopengkah dirimu selama ini?

Berjumpa lagi. Lama saya tidak menulis disini. Biasalah, sibuk.🙂

Kali ini saya ingin menuliskan tentang sesuatu yang banyak diperdebatkan orang, mengenai perlu atau tidakkah. Sesuatu itu, adalah Topeng.

Terkadang tanpa kita sadari, kita sering memakai topeng di kehidupan sehari-hari. Kita memakai topeng agar kita diterima dilingkungan baru. Kita menggunakan topeng agar pandangan orang terhadap kita dapat kita “atur”. Bahkan topeng sering menjadi alasan kita untuk menghindar.

Topeng sangat berguna bagi kita. Membuat kita nyaman dan dapat membuat diri kita menjadi “sesuatu” yang bukan diri kita yang asli. Namun seringkali, topeng dituduh menjadi biang dari kemunafikan. Awal dari kepura-puraan, yang makin lama dapat menjurus ke kebohongan.

Saya tertarik dengan percakapan teman saya mengenai hal ini, berikut adalah cuplikannya:

S(Saya): Jadi topeng bagus tidak?

T(Teman saya): Tergantung niat.

S: Kok?

T: Tergantung topeng yang digunakan. Ingat, topeng tidak selamanya harus menutupi wajah. Kamu bisa menggunakan topeng “bening” kan.

Jadi, bertopengkah dirimu selama ini?

Tapi buka dulu topengmu… Buka dulu topengmu. Biar kulihat wajahmu, biar kulihat warnamu. [Peterpan]

Categories: Pengalaman
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

