Home > Komputer & Internet, Teknologi, Yahoo! Answers > Apa yang sebenarnya terjadi pada Intel dan AMD?

Apa yang sebenarnya terjadi pada Intel dan AMD?

Nah persoalannya ini :

– mengapa processor Intel lebih murah dari pada AMD? bahkan processor Intel yg Extreme Edition harganya itu amit-amit sedangkan AMD yg Blask Edition tidak jauh beda dgn yg biasa.
– harga processor Intel itu mahal, tapi mengapa banyak orang yg lebih memilih Intel daripada AMD?
– Apa saja KELEBIHAN dan KEKURANGAN Intel dan AMD?
– terus apa yg membuat VGA keluaran AMD (ATi) lebih murah daripada nVIDIA, padahal performa ATi lebih baik daripada nVIDIA? dan malah lebih banyak orang yg memilih nVIDIA daripada Ati…

sekian dari saya, apabila kepanjangan mohon maaf…

Sumber

Hahaha… pertanyaan menarik. Bintang untuk anda.

– mengapa processor Intel lebih murah dari pada AMD? bahkan processor Intel yg Extreme Edition harganya itu amit-amit sedangkan AMD yg Blask Edition tidak jauh beda dgn yg biasa?
> Yang terjadi justru Procesor AMD cenderung lebih murah dari Intel. Mengapa? Intel menang di nama dan promosi. Begitu juga dengan tipe Extreme Edition (Intel) dengan versi Black Edition (AMD). Memang sih, kalau di jejerin 1 lawan 1 dalam keadaan normal, performa Intel Core Family cenderung lebih baik dibandingkan AMD Phenom (Tapi beda cerita kalau Pentium “NetBurst” dengan AMD Athlon) Melihat ini, tentu banyak orang yang memilih Intel. Bagaimana AMD mengatasi ini? Banting harga adalah salah satu solusinya.

– harga processor Intel itu mahal, tapi mengapa banyak orang yg lebih memilih Intel daripada AMD?
> Sekali lagi. Intel menang di promosi dan “mitos-mitos” yang beredar di luar banyak yang berpihak pada Intel.

– Apa saja KELEBIHAN dan KEKURANGAN Intel dan AMD?
> Wah, kalau ini nggak bakal cukup. Banyak sekali. Beberapa contoh:
+ Dulu, Pentium “NetBurst” itu terkenal tidak ramah untuk overclock, AMD dengan Athlon adalah rajanya saat itu. Apalagi soal gaming. Tapi sekarang tidak lagi. Intel mulai ramah kepada overclock. AMD menyiasatinya dengan harga murah.
+ Banyak yang bilang kalau AMD lebih panas dari Intel. Itu salah. Coba sandingkan Intel Pentium 4 Extreme Edition dengan AMD Athlon 64 Black Edition. Mana yang lebih panas? Intel pastinya. Bagaimana dengan Intel Core dan Phenom? Saya kira tidak ada bedanya sekarang.
+ AMD dulu terkenal dengan fitur 3DNow! dan HyperTransport. Karena 2 fitur ini, AMD sempat menang di pasaran gaming dan server. Sekarang Intel sudah dapat menyiasatinya.

Dan sebagainya. Tidak ada yang lebih baik. Sama saja.

– terus apa yg membuat VGA keluaran AMD (ATi) lebih murah daripada nVIDIA, padahal performa ATi lebih baik daripada nVIDIA? dan malah lebih banyak orang yg memilih nVIDIA daripada Ati…
> Tidak juga. Untuk VGA menengah-bawah dan menengah-atas, ATi memang jagoannya. Performa lebih baik, harga lebih pas. Teknologi dan fitur? ATi jagonya. nVIDIA hanya kuat di tipe menengah-menengah. Tapi lihat lagi sejarahnya. nVIDIA lebih dulu menggunakan teknologi Shader Model 3.0 dibandingkan ATi yang terlambat 6 bulan. nVIDIA lebih kompatibel terhadap game (ATi selalu terlambat dalam hal ini). nVIDIA lebih dahulu menggunakan teknologi DirectX 10 serta dual-gpu (nVIDIA 7950 GX2).

nVIDIA menang di promosi dibandingkan ATi. Jangan lupakan, pengaturan dual-VGA dari nVIDIA (SLi) lebih mudah daripada dual-VGA dari ATi (CrossFire).
Sekarang mana yang anda pilih, peforma sangat tinggi namun terkadang crash, atau peforma tinggi namun stabil?

Semoga membantu!

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: