E-Commerce

Jaman internet.

Semua orang menggunakan internet untuk segala hal. Mulai dari mencari lagu, mencari pacar, sampai mencari uang. Nah, mencari uang lewat internet inilah yang sekarang ramai disebut-sebut dengan istilah e-commerce

Sebenarnya apa sih e-commerce itu?

e-commerce atau bahasa resminya electronice commerce sejatinya mempunyai banyak arti. Tapi kita semua sepakat pada 1 arti. e-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan, dan dapat diaplikasikan hampir di setiap jenis hubungan bisnis (wikipedia) e-commerce juga biasanya dilakukan via website, seperti amazon.com atau ebay.com Untuk saat ini, website tersebut biasanya hanya berisi daftar/katalog barang-barang yang diperjual-belikan termasuk harga.

Cara kerjanya seperti ini:

1. Pengunjung yang terdaftar login ke situs tersebut. Bagi yang belum terdaftar, maka bisa mendaftar dahulu ke situs tersebut. Pengunjung akan dimintai data-data pribadi seperti nama, alamat, hingga nomor kartu kredit.

2. Setelah terdaftar dan teraktivasi, maka pengunjung bisa membeli barang yang dia inginkan di situs tersebut.

3. Setelah ia menentukan barang yang ia ingin beli, maka pengunjung tersebut biasanya diminta untuk mengisi semacam formulir yang berisi cara pembayaran dan cara pengiriman barang.

4. Jika pengunjung berminat menjual barang, maka biasanya ia dimintai untuk mengisi beberapa data-data mengenai barang yang akan ia jual, seperti foto barang, usia barang, sedikit sejarah dan kualitas barang tersebut.

Tapi itu Semua adalah sistem e-commerce di situs yang besar yang dibawahi oleh sebuah perusahaan. Bagaimana dengan jual-beli individual?

Disini biasanya sistem jual beli hanya berdasarkan kepercayaan dan reputasi saja. Tidak ada formulir, tidak ada data yang “benar-benar benar” dan tidak ada jaminan bahwa barang yang dijual benar-benar ada.

Tapi setiap sistem mempunyai kelemahan. Sistem e-commerce yang dibangun pada sebuah website dan dijalankan oleh perusahaan yang terpercaya memang lebih aman, namun terkadang sistem tersebut tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Kendalanya bisa jadi sistem database yang kurang bagus, pembobolan kartu kredit, dan sebagainya.

Sedangkan keuntungan pada sistem individual (Seperti yang biasa kita lihat pada kaskus.us bagian FJB, Facebook, atau blog-blog) adalah kita dapat bernegosiasi soal harga sepandai kita. Artinya harga barang tersebut bisa jauh lebih murah daripada harga barang yang tertera diluar atau di website-website e-commerce.

Sekarang pilihannya adalah, anda nyaman dimana?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: