Home > Berita dan Peristiwa, Pengalaman > Ketahanan Nasional?

Ketahanan Nasional?

Bicara soal ketahanan nasional, maka bicara itu tidak akan selesai. Berbicara mengenai ketahanan nasional, maka kita akan berbicara tentang ketahanan pangan yang baik, ketahanan pertahanan dan kedaulatan Negara, ketahanan kesehatan, dan lain sebagainya.

Jika masing-masing pendukung saling bertemu, maka akan terjadi debat panjang tak berkesudahan tentang ketahanan mana yang harus dibangun terlebih dahulu. Semua sama pentingnya. Semua sama baiknya. Tapi kita tidak bisa melaksanakan segala hal dalam 1 waktu yang bersamaan. Jadi ketahanan mana yang, anggap saja, efeknya sangat luas dan mencakup banyak hal, ketahanan apa itu?

Kalau menurut hemat saya, jawabanya ada 1. Pendidikan. Ketahanan Pendidikan.

Maju atau mundurnya suatu Negara ditentukan oleh generasi mudanya. Dan maju atau tidak generasi muda tersebut ditentukan oleh 1 hal: Pendidikan. Dengan pendidikan yang baik, maka kita dapat memperoleh kehidupan ekonomi yang baik. Dan dengan ekonomi yang baik, maka tidak lagi timbul masalah kesejahteraan. Ekonomi Negara pun stabil.

Eits jangan lupa. Jika tidak ada masalah kesejahteraan maka tindak criminal pun menjadi sangat rendah. Urusan kesehatan juga tidak lagi pusing karena dengan pendidikan yang baik, maka kita dapat mengetahui bahaya-bahaya penyakit disekitar kita. Ekonomi yang baik juga membuat kita mudah memperoleh layanan kesehatan yang layak. Ingat, orang miskin dilarang sakit.🙂

Akhir-akhir ini isu terorisme dan makar sedang ramai diperbincangkan. Teror bom dimana-mana. Termasuk istilah NII yang harusnya hilang 50 tahun yang lalu kembali muncul. Pemerintah berusaha keras menangani masalah ini. Dibentuklah detasmen 88, lalu Unit Huru-hara, memperkuat Intelejen, dan lain sebagainya. Sepertinya pemerintah lupa prinsip bahwa semakin keras kau memukul, semakin sakit pula tanganmu.

Cara ter, sebut saja, efektif dan berdampak panjang dari masalah ini bukanlah dengan memperbanyak tentara/polisi atau bahkan sadapsanasadap sini. Tapi apa? Tidak lain dan tidak bukan adalah pendidikan.Parapelaku terorisme tersebut, diketahui sangat rendah pemahaman akan agama sehingga mereka mudah diperdaya oleh oknum-oknum jahat. Dengan pendidikan agama yang baik, hal ini tidak akan terjadi.

Sepertinya, masalah ketahanan ini tidak akan selesai bahkan jika ditulis hingga 10 halaman lebih. Semua segi ketahanan nasional sangatlah penting. Tapi jika berbicara mana yang mempunyai dampak luas dan mempunyai pengaruh yang sangat dalam, tentu anda akan setuju dengan pendapat saya bukan?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: