Home > Pengalaman, Teknologi > Bingung Hosting? Bingung Domain?

Bingung Hosting? Bingung Domain?

Sedikit curhat (alah)

Sebenarnya tulisan dibawah tidak bisa dijadikan refrensi yang valid, karena diambil dari penilaian yang singkat (hanya 2 minggu) tapi yaah… terserah yang baca saja lah!

Beberapa minggu yang lalu, saya masih bingung dalam memilih tempat hosting dan domain. Beragam situs hosting saya datangi. Saya baca semua penawaran paketnya. Saya cari testimonial dan cerita dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan jasa hosting dan domain. Intinya, cari refrensi.

Sampai pada suatu situs yang sangat besar dan terkenal, saya membaca thread testimonial mengenai sebuah perusahaan hosting. Perusahaan itu adalah Dracoola Membaca testimonial disana, well, sangatlah baik. Penasaran. Saya coba chat dengan CSnya.

Tanpa disangka, respon CS sangat cepat dan ramah. Hmm… sebuah nilai positif.

Googling pun dilanjutkan. Saya mencari info lebih lanjut soal hosting ini. Tak lama kemudian saya menemukan sebuah berita yang cukup mengejutkan. Server Internasional dari hosting ini pernah kena hack. Tapi berakhir bahagia sih…

Semakin tertarik, saya cari-cari info. Ternyata salah satu moderator di sebuah forum diskusi yang sangat besar dan terkenal adalah salah satu… katakanlah “petinggi” di Dracoola. Membaca tanggapan dan post-post yang beredar, saya menyimpulkan kalau moderator ini cukup tanggap.

Akhirnya, saya memberanikan diri mencoba meletakkan forum saya di Dracoola. Sampai tulisan ini dibuat, forum tersebut lancaaarrr tidak ada masalah.

Penilaian akhir:

CS-Bantuan Teknikal: 4.5/5

(+) Respon YM cepat. Respon Pertanyaan teknis via helpdesk juga cepat (Dalam 10 menit sudah dibalas via Email)

(-) Pada jam-jam istirahat, respon YM sedikit lambat. Berita tentang dihacknya server Internasional.

 

Penawaran Harga-Penawaran Paket: 4/5

(+) Terjangkau dan masuk akal. Tidak terlalu murah (Yang pasti dipertanyakan kualitasnya) atau terlalu mahal

(-) Tidak ada penawaran akan VPS dan Dedicated Server.

 

Fitur-Teknologi: 5/5

(+) Mempunyai semua fitur standar dan yang banyak dipakai saat ini. Sejauh yang saya temukan, tidak ada masalah kompabilitas.

(-) [Tidak ada]

 

TOS: 3/5

(+) [Tidak ada]

(-) Inilah kelemahan fatal dari Dracoola… TOS yang kurang lengkap! Saat tulisan ini dibuat, baru ada TOS untuk Domain. Sedang yang lain tidak ada. Keterangannya sih, sedang dibuat. Yah harap saja semoga segera dibuat.

 

Penilaian Akhir:  (4.5+4+5+3)/4 = 4/5

Murah dan masuk akal, canggih, serta support yang cepat dan ramah. Bagi yang baru belajar bangun web, Dracoola patut dicoba.🙂

Categories: Pengalaman, Teknologi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

