Suram.

Belajar bangun webserver sendiri, dengan hanya mengandalkan googling memang SANGAT TIDAK MEMUNGKINKAN. Tidak percaya? Baca tulisan dibawah ini.

Pertama-tama, gw donlod tuh Ubuntu 11.10 dan CentOS 6. Burning, lalu install di HDD. Installasi tidak ada masalah, lancar.

Sekarang gw mau coba koneksikan ke internet. Masalah mulai muncul. CentOS tidak dapat mendeteksi modem gw.

Oke kita coba Ubuntu yang katanya lebih banyak dipakai di Indonesia

Gw install Ubuntu. Lancar, gak ada masalah. Pas koneksikan modem, tetap tidak terbaca.

Gw pun googling, katanya pakai sudo apt-get apa gitu tapi sebelum itu kita harus jadi root dulu. Intinya semua artikel yg berbau “Install Modem pada Ubuntu” udah gw baca dan gw ikuti. Hasilnya? Masih gak kedetek.

Iseng nanya di forum dijawab begini kira-kira

Pastikan koneksi internet anda terhubung, lalu download paket xxx dengan mengetik…

WTF! Gw aja gak bisa koneksi ke internet karena modem gw gak kedetek. Sekarang lo suruh gw download paket?

Dari situ gw udah mulai hopeless, f*ck lah.

Akhirnya gw tinggalin itu linux. Sekarang gw coba di Windows XP. Tapi kali ini tidak pakai XAMPP, melainkan NGINX.

Yang dibutuhkan adalah NGINX untuk Windows, php, lalu MySQL. Semua sudah gw donlod.

Gw baca artikel disini dan di banyak web lain dan mengikuti semua tutorial tutorial yang bisa gw temukan. Hasilnya?

Gagal juga. Gak bisa jalan. Mulai dari NGINXnya error lah, php gak konek lah, apalah. Intinya gw gak bisa-bisa buka localhost/index.php dengan index.php buatan gw sendiri.

Kesimpulannya adalah, membangun webserver sendiri itu ada saja masalahnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

